Daftar Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh

Daftar Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh

Daftar Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh

Daftar Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik Dalam Tubuh – Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol merupakan jenis khusus lipid yang disebut steroid.

High-density lipoprotein (HDL) merupakan jenis kolesterol yang dikenal sebagai kolesterol baik. Kolesterol baik dalam tubuh berperan dalam membantu membawa kolesterol dari arteri ke hati, yang dapat digunakan atau dikeluarkan oleh tubuh.

Memiliki kadar kolesterol baik yang tinggi juga memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi, dan terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkaktan Poker Deposit Pulsa kadar kolesterol baik, seperti yang dijelaskan berikut ini.

1. Olahraga secara teratur

Penting bagi Kesehatan, 5 Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik

Aktif secara fisik baik bagi kesehatan jantung. Berbagai jenis olahraga seperti aerobik, latihan kekuatan, hingga latihan intensitas tinggi mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Studi review dalam jurnal Current Opinion in Lipidology juga menjelaskan bahwa olahraga dapat meningkatkan efek antioksidan dan antiinflamasi dari kolesterol HDL. Peningkatan HDL terbesar biasanya terjadi dengan latihan intensitas tinggi.

2. Konsumsi minyak zaitun

Penting bagi Kesehatan, 5 Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik

Minyak zaitun banyak dianggap sebagai salah satu sumber lemak paling menyehatkan. Menurut sebuah analisis dalam jurnal Lipids in Health and Disease, ditemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang tampaknya mengurangi risiko penyakit jantung.

Salah satu efek minyak zaitun yang menyehatkan jantung adalah peningkatan kolesterol HDL. Ini mungkin karena kandungan antioksidan yang disebut polifenol dalam minyak zaitun. Secara umum, minyak zaitun extra virgin memiliki lebih banyak polifenol dibandingkan minyak zaitun olahan.

3. Penuhi kebutuhan serat

Penting bagi Kesehatan, 5 Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik

Serat tidak hanya berperan dalam mengendalikan pergerakan usus. Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute, setelah dicerna, serat larut membantu menghalangi penyerapan kolesterol jahat dalam aliran darah. Karenanya, penting bagi tiap orang untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Beberapa sumber serat penurun kolesterol LDL dan peningkat kolesterol HDL terbaik adalah kacang-kacangan, lentil, apel, blueberry, biji rami, dan oatmeal. Namun, menambahkan terlalu banyak serat dalam waktu singkat dapat menyebabkan gangguan lambung. Karenanya, kamu perlu meningkatkan asupan serat secara perlahan dan minum banyak air untuk membantu menjaga usus tetap sehat.

4. Hindari rokok

Penting bagi Kesehatan, 5 Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik

Rokok telah lama dikenal sebagai penyebab banyak masalah kesehatan, salah satu efek negatifnya adalah menekan kolesterol HDL. Beberapa penelitian menemukan bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan kadar HDL.

Dalam penelitian selama 1 tahun terhadap lebih dari 1.500 orang, ditemukan bahwa peserta penelitian yang berhenti merokok mengalami peningkatan kolesterol baik atau HDL dua kali lipat lebih besar daripada peserta yang kembali merokok dalam setahun. Hal ini bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian ini dilaporkan dalam American Heart Journal.

5. Konsumsi buah dan sayur berwarna ungu

Penting bagi Kesehatan, 5 Cara Alami Meningkatkan Kolesterol Baik

Konsumsi buah dan sayuran berwarna ungu merupakan cara sederhana untuk meningkatkan kolesterol HDL. Ini karena sayuran dan buah berwarna ungu mengandung antioksidan yang dikenal sebagai antosianin.

Studi yang menggunakan ekstrak antosianin telah menunjukkan bahwa antosianin membantu melawan peradangan, melindungi sel dari radikal bebas yang merusak, dan berpotensi meningkatkan kadar kolesterol HDL.

Dalam studi 24 minggu terhadap 58 orang dengan diabetes dan diterbitkan dalam The Journal of Nutrition, didapatkan bahwa mereka yang mengonsumsi suplemen antosianin dua kali sehari mengalami peningkatan 19,4 persen dalam kolesterol HDL rata-rata. Peserta juga menunjukkan perbaikan lain dalam penanda kesehatan jantung.

Beberapa buah dan sayuran yang mengandung antosianin sangat tinggi adalah terong, kol merah, blueberryblackberry, dan raspberry hitam.

Meningkatnya kolesterol HDL sering kali memberikan manfaat kesehatan lainnya. Lebih lanjut, itu adalah komponen kunci dari gaya hidup sehat.

Comments are closed.