Daftar Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga

Daftar Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga

Daftar Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga

Daftar Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga – Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan
untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

Olahraga dapat dimulai sejak usia dini hingga usia lanjut dan dapat dilakukan setiap hari. Kita semua tahu bahwa olahraga memainkan peran penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sebaliknya, tidak berolahraga atau malas beraktivitas fisik adalah faktor risiko kematian dini.

Bahkan, menurut penelitian dalam jurnalThe Lancet, tubuh yang tidak aktif dan tidak banyak bergerak menyebabkan lebih banyak kematian di seluruh dunia dibandingkan rokok. Berikut adalah beberapa idn poker open card asia bahaya kesehatan lainnya akibat malas berolahraga yang perlu kamu waspadai. Yuk, lebih rajin berolahraga!

1. Diabetes tipe 2

5 Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga, Yuk Aktif Bergerak!

Menurut keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup dapat meningkatkan risiko kamu terkena diabetes tipe 2. Sebab, aktivitas fisik membantu mengontrol glukosa darah, berat badan, dan tekanan darah, serta membantu meningkatkan kolesterol baik (high-density lipoprotein atau HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL).

Aktivitas fisik yang memadai juga dapat membantu menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung dan kerusakan saraf, yang sering kali menjadi komplikasi yang menyertai diabetes tipe 2.

2. Penyakit kardiovaskular

5 Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga, Yuk Aktif Bergerak!

Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko masalah kardiovaskular di antara orang dewasa, anak-anak sekolah, dan remaja, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki faktor risiko.

Menurut studi dalam International Journal of Epidemiology, menonton layar dan duduk selama 2 jam per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah kardiovaskular, masing-masing sebesar 5 dan 17 persen.

Beberapa masalah kardiovaskular yang risikonya meningkat akibat jarang olahraga adalah peningkatan tekanan darah, obesitas, kolesterol, hingga diabetes. Sementara itu, mengurangi waktu duduk dikaitkan dengan peningkatan fungsi vaskular.

3. Kanker

5 Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga, Yuk Aktif Bergerak!Malas bergerak juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, seperti kanker endometrium, kanker usus besar, dan kanker payudara.

Menurut studi dalam jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention, diperkirakan bahwa mekanisme yang mendasari bahwa duduk meningkatkan risiko kanker adalah adipositas atau kelebihan berat badan yang dapat memfasilitasi karsinogenesis melalui resistansi insulin, peradangan kronis, peningkatan kadar hormon seks, dan perubahan sekresi adipokin.

Meningkatkan aktivitas fisik sesuai dengan yang disarankan dapat menurunkan risiko banyak kanker, termasuk kanker kandung kemih, payudara, usus besar, rahim, kerongkongan, ginjal, paru-paru, dan perut. Efek ini berlaku terlepas dari status berat badan.

4. Tulang rapuh

5 Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga, Yuk Aktif Bergerak!

Seiring bertambahnya usia, kalsium pada tulang akan diserap kembali ke aliran darah yang memicu penurunan massa tulang dan dapat menyebabkan tulang rapuh, yang dikenal sebagai osteoporosis.

Cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mencegah pengeroposan tulang adalah dengan berolahraga. Jika kamu malas olahraga, kamu meningkatkan risiko kelemahan tulang terkait usia.

American College of Sports Medicine merekomendasikan latihan menahan beban yang melibatkan aktivitas melompat, seperti tenis, bola basket, dan lari. Selain itu, National Strength and Conditioning Association juga merekomendasikan latihan ketahanan dengan beban untuk meningkatkan kepadatan tulang.

5. Nyeri sendi

5 Penyakit yang Mengintai akibat Malas Olahraga, Yuk Aktif Bergerak!

Nyeri sendi dapat disebabkan oleh osteoartritis, cedera, gerakan berulang di tempat kerja, dan penuaan. Namun, kurang gerak juga merupakan pemicu umum nyeri sendi.

Membatasi gerakan dapat melemahkan otot, memperparah masalah sendi, dan memengaruhi postur tubuh, yang memicu serangkaian masalah lebih lanjut, menurut para peneliti di Harvard Medical School.

Cara mengatasi masalah ini cukup sederhana, yaitu mulailah rutinitas berjalan kaki dan latihan aerobik lainnya, serta latihan ketahanan untuk memperkuat otot pendukung utama dan mengembalikan fleksibilitas sendi.

Pastinya kamu tidak ingin mengalami semua masalah tersebut bukan? Untuk itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga minimal 20 menit per hari atau beberapa jam per minggu. Optimalkan dengan pola makan sehat bergizi seimbang, tidur cukup, dan kelola stres dengan baik, ya

Comments are closed.