Manfaat Hebat Jika Rutin Olahraga pada Pagi Hari

Manfaat Hebat Jika Rutin Olahraga pada Pagi Hari

Manfaat Hebat Jika Rutin Olahraga pada Pagi Hari

Manfaat Hebat Jika Rutin Olahraga pada Pagi Hari – Olahraga pagi adalah aktivitas yang membutuhkan motivasi lebih. Meskipun sulit untuk diterapkan sehari-hari, olahraga pagi  bermanfaat untuk kesehatan Anda. Olahraga pagi memiliki manfaat yang tak dimiliki olahraga  pada waktu lainnya. Olahraga pagi jangan menjadi sebuah ketakutan.

Olahraga bisa dilakukan kapan saja, mulai dari pagi, siang, sore, atau bahkan malam sebelum tidur. Umumnya, setiap orang memiliki waktu favoritnya masing-masing untuk berolahraga. Namun, jika memungkinkan, sebaiknya kamu pilih pagi hari sebagai waktu untuk olahraga secara konsisten.

Meskipun olahraga pada dasarnya baik dan menyehatkan, tapi olahraga di pagi hari memberikan beberapa manfaat tersendiri bagi kesehatan. Seperti apa manfaatnya? Mari, kita bahas satu per satu Cara Login IDN Poker APK!

1. Kamu cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori

5 Manfaat Hebat Rutin Olahraga pada Pagi Hari, Ayo Bangun!

Olahraga di pagi hari bukan hanya terbukti dapat membakar kalori ekstra, tapi juga membuat kamu memasukkan lebih sedikit kalori ke dalam tubuhmu. Peneliti dari Brigham Young University, Amerika Serikat (AS), menemukan bahwa olahraga di pagi hari bisa membuat makanan tampak kurang menarik.

Dalam penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise tersebut, para peneliti menganalisis aktivitas otak peserta perempuan saat mereka melihat gambar makanan dan bunga, yang berfungsi sebagai kontrol.

Perempuan yang berolahraga selama 45 menit di pagi hari kurang bersemangat dengan gambar yang enak dibandingkan mereka yang melewatkan latihan. Yang lebih menarik lagi, mereka yang berolahraga di pagi hari tidak mengonsumsi lebih banyak makanan daripada kelompok lain sepanjang hari.

2. Kontrol glukosa darah

5 Manfaat Hebat Rutin Olahraga pada Pagi Hari, Ayo Bangun!

Aktivitas fisik merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi, bagi individu dengan diabetes tipe 1, olahraga dapat menjadi tantangan tersendiri. Sebab, aktivitas olahraga bisa memicu hipoglikemia atau gula darah rendah.

Akan tetapi, menurut studi dalam Journal of Diabetes Science and Technology, olahraga pagi dapat menurunkan risiko hipoglikemia bagi individu dengan diabetes tipe 1. Dalam studi tersebut, peserta dengan masalah diabetes tipe 1 melakukan dua sesi latihan treadmill, yaitu pada pagi dan sore yang dilakukan secara terpisah.

Hasilnya, olahraga pagi menunjukkan risiko kejadian hipoglikemia yang lebih rendah. Hal ini kemungkinan karena adanya peran kortisol yang membantu mengontrol gula darah.

3. Kamu akan membakar lebih banyak lemak

5 Manfaat Hebat Rutin Olahraga pada Pagi Hari, Ayo Bangun!

Selama ini, mana yang lebih baik antara sarapan atau tidak sarapan sebelum berolahraga merupakan pertanyaan yang masih diperdebatkan hingga saat ini. Sebenarnya, baik sarapan atau tidak sarapan sebelum berolahraga pagi sama-sama memberikan manfaat.

Misalnya, mengisi perut terlebih dahulu sebelum berolahraga akan membuat kamu mampu berolahraga lebih keras dan lebih lama. Akan tetapi, sebuah studi dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa berolahraga dengan perut kosong dapat membakar lemak sebanyak 20 persen lebih banyak daripada saat kamu makan terlebih dahulu.

4. Membuat kamu lebih aktif di siang hari

5 Manfaat Hebat Rutin Olahraga pada Pagi Hari, Ayo Bangun!

Menurut studi dalam jurnal di Medicine & Science in Sports & Exercise, olahraga pagi dikaitkan dengan tingginya aktivitas fisik sepanjang hari. Dalam penelitian tersebut, setelah para peserta berjalan selama 45 menit di pagi hari, mereka menunjukkan peningkatan aktivitas fisik selama 24 jam berikutnya.

Jadi, jika kamu sedang mencoba menjalani gaya hidup yang lebih aktif, kamu bisa memulainya dengan olahraga di pagi hari.

5. Lebih mungkin mendapatkan manfaat dari berolahraga secara konsisten

5 Manfaat Hebat Rutin Olahraga pada Pagi Hari, Ayo Bangun!

Sebuah studi yang dipublikasikan di Health Psychology menemukan bahwa mereka yang bangun lebih awal dan segera pergi berolahraga lebih cenderung berolahraga secara teratur.

Sementara itu, mereka yang memilih untuk berolahraga di sore hari jauh lebih mudah untuk tidak berolahraga setelah bekerja, ini karena lebih banyak kemungkinan gangguan yang dapat menggagalkan rutinitasmu.

Untuk itu, biasakan untuk bangun di pagi hari guna membantu kamu untuk konsisten berolahraga. Dengan berolahraga secara konsisten, berarti kamu lebih mungkin mendapatkan semua manfaat kesehatan itu, seperti peningkatan kekebalan, umur panjang, dan suasana hati yang lebih baik.

Comments are closed.