5 Cara Ini Bisa Bikin Anak jadi Semangat Berolahraga

5 Cara Ini Bisa Bikin Anak jadi Semangat Berolahraga

5 Cara Ini Bisa Bikin Anak jadi Semangat Berolahraga

5 Cara Ini Bisa Bikin Anak jadi Semangat Berolahraga – Membesarkan anak di era serba digital seperti sekarang ini, tentunya menjadi tantangan tersendiri. Seringkali banyak para orangtua tidak sadar, jika mereka terlalu asyik memainkan gadget dibanding melakukan aktivitas yang melibatkan fisik, salah satunya adalah berolahraga dengan anak.

Sebenarnya tidak ada kata terlambat dalam memulai berolahraga, namun yang menjadi masalah terkadang si anak tidak mau jika orangtua meminta mereka untuk olahraga Sbobet Deposit Pulsa 10000. Padahal olahraga sangat penting agar anak dapat tumbuh sehat dan bugar hingga kelak dewasa nanti.

Nah, bagaimana sih cara agar si anak mau dan semangat untuk berolahraga? Yuk simak caranya berikut ini!

1. Mulai secara perlahan 

Mulailah dengan langkah kecil, seperti berjalan santai mengelilingi kompleks perumahan 10 menit setiap hari. Ketika si anak mulai sering melakukan aktivitas tersebut, tambahkan lagi waktunya menjadi 15 menit setiap hari atau mulai dikombinasikan dengan lari-lari kecil. Begitu seterusnya sampai akhirnya ia terbiasa bergerak.

Menetapkan langkah kecil seperti ini sangat penting untuk anak, karena secara tidak langsung akan membangun persepsi si anak tentang pentingnya berolahraga.

2. Coba berbagai jenis olahraga 

Anak-anak pastinya mudah sekali bosan jika melakukan aktivitas yang sama secara terus menerus, begitu juga untuk berolahraga. Sebagai orangtua, kita harus mampu berinovasi membuat olahraga tetap terlihat menarik untuk si anak.

Kita dapat mulai dengan mengajak si anak untuk berenang di minggu pagi, maupun bersepeda bersama pada sore hari atau kapan pun kamu memiliki waktu luang.

3. Jadikan olahraga sebagai rutinitas keluarga 

Untuk membuat anak menyukai olahraga tentunya harus juga dimulai dari lingkungan keluarga terlebih dahulu. Karena rumah, keluarga dan orangtua adalah tempat pertama di mana si anak belajar tentang apa pun. Akan sangat lucu rasanya jika kita menginginkan si anak untuk berolahraga, namun kita sendiri sebagai orangtua sama sekali tidak suka berolahraga.

Jalan santai pada kegiatan car free day yang diselenggarakan di kota masing-masing merupakan salah satu cara yang dapat dipertimbangkan. Yang terpenting adalah jadikan olahraga sebagai rutinitas keluarga!

4. Cari tahu olahraga yang paling disenangi anak 

Setelah persepsi si anak mulai tumbuh mengenai pentingnya berolahraga. Pada tahap selanjutnya, orangtua harus mulai peka untuk menentukan langkah selanjutnya. Langkah yang dimaksud adalah mulai mencari tahu olahraga apa yang paling disenangi oleh anak.

Jika si anak mulai menunjukkan ketertarikan pada satu jenis olahraga, kamu bisa menjadi alarm untuk mengingatkan dan menemani anak untuk melakukan olahraga yang ia sukai itu. Kamu juga bisa mendaftarkan mereka ke sekolah maupun pelatihan khusus olahraga yang ia sukai tersebut lho. Namun jangan sampai ada paksaan ya!

5. Berikan pujian dan semangat 

Saat kamu melihat si anak sedang berolahraga maupun melakukan aktivitas yang melibatkan fisik, cobalah untuk memberinya semangat. Jangan lupa puji dan dorong dia untuk setiap langkah positif yang ia ambil untuk berolahraga. Tetapi usahakan untuk tidak menekan dengan target berlebihan yang dapat membuatnya tertekan ya guys! 

Comments are closed.