Di Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Siapakah Raja “Hattrick”?

Di Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Siapakah Raja “Hattrick”?

Di Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Siapakah Raja “Hattrick”?

Di Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Siapakah Raja “Hattrick”?,- Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah pesepakbola yang selalu menjadi perhatian di jagad ini. Boleh dikatakan mereka adalah Super Star yang tidak pernah pudar meski usia mereka sudah tidak muda lagi.

Ronaldo kini berusia 35 tahun lahir di Funchal Portugal 5 Februari 1985. Sedangkan Messi berusia 32 tahun, lahir di Rosario Argentina, 24 Juni 1987.

Keduanya adalah langganan peraih pemain terbaik dunia. Ronaldo peraih 5 kali penghargaan Ballon d’or FIFA dan Messi meriah sebanyak 6 kali penghargaan tersebut.

Prestasi mereka sebagai peraih Ballon d’or membuktikan kualitas permainan level tinggi di kancah sepakbola dunia.

Baik Ronaldo maupun Messi adalah legenda sepakbola yang pantas untuk dikenang seperti halnya legenda pendahulu mereka, Pele atau Maradona.

Membandingkan keduanya dalam performa permainan di lapangan rasanya cukup adil karena keduanya adalah seorang penyerang walaupun pada posisi yang berbeda.

Bagaimanakah performa Ronaldo dan Messi dalam mencetak gol dalam sebuah laga? Berapa banyak hatrrick yang sudah mereka ciptakan dalam karir sepakbola mereka? Mari kita simak bersama uraian berikut ini seperti dirilis UEFA.com.

Cristiano Ronaldo

Dari 56 hat-trick karier Ronaldo, delapan telah masuk catatan Liga Champions UEFA (tujuh untuk Real Madrid, satu untuk Juventus) – dengan empat di antaranya di babak sistem gugur.

Treble-nya untuk Juve melawan Atlético pada 12 Maret 2019 sehingga membuatnya (pada 34 tahun dan 35 hari) pencetak hat-trick tertua dalam sejarah kompetisi Bandar s123 Sabung Ayam.

Seperti Messi, Ronaldo membukukan treble dalam pertandingan Liga Champions UEFA berturut-turut dalam kampanye 2016/17 – di perempat final melawan Bayern dan kemudian di semifinal melawan rival sekota Real Madrid yaitu Atlético.

Ronaldo telah mengklaim hat-trick di tiga liga Eropa (satu di Inggris, 34 di Spanyol dan satu di Itay), tetapi treble piala domestik satu-satunya berasal dari Copa del Rey Spanyol.

Dari semua tim yang dia hadapi, Sevilla mungkin memiliki kenangan yang paling tidak disukai Ronaldo – dia mencetak lima hat-trick melawan mereka secara total.

Dia juga mengantongi tiga treble melawan Getafe dan Espanyol di Liga Spanyol, dan jumlah yang sama melawan Celta Vigo (dua di liga, satu di piala).

Tiga hattrick lainnya melawan tetangga Madrid, Atlético, mungkin sangat mengesankan.

Dia mencetak treble melawan mereka di Liga dan Liga Champions UEFA pada 2016/17.

Kemudian mencatatkannya juga di Liga Champions UEFA-nya untuk Juventus ketika melawan Atletico pada 2018/19.

Lionel Messi

Pemain Argentina ini melakukan hat-trick beruntun pada penyisihan grup Liga Champions 2016/17.

Messi mencetak tiga hattrick melawan Celtic pada matchday 1 dan Manchester City pada matchday 3, setelah melewatkan perjalanan matchday 2 ke Borussia Mönchengladbach karena cedera.

Dari delapan hat-trick Liga Champions UEFA, dua diantaranya dilakukan di babak sistem gugur. Messi mencetak lima gol dalam kemenangan 7-1 melawan Bayer Leverkusen di babak 16 leg kedua pada Maret 2012.

Pada kiprah sebelumnya menjaringkan empat gol lawan Arsenal di leg kedua perempat final pada bulan April 2010.

Messi memecahkan rekor 34 hat-trick Cristiano Ronaldo saat melawan Mallorca pada Desember 2019. Kemudian pada Februari ketika hattrick melawan Eibar membuat totalnya menjadi 36.

Valencia, Osasuna, Espanyol dan Deportivo telah menjadi lawan favorit Messi di La Liga. Messi mengklaim hat-trick melawan masing-masing pada tiga kesempatan terpisah.

Messi juga memiliki tiga hat-trick melawan Sevilla, termasuk dua di Liga dan satu di Piala Super Spanyol, dan tiga melawan Atlético – dua di Liga dan satu diajang Copa del Rey.

Rekor Hattrick Ronaldo dan Messi

Berbagi rekor diciptakan oleh Ronaldo dan Messi sebagai hat-trick terbanyak dalam sejarah Liga Champions UEFA, masing-masing delapan.

Mereka juga mencetak hat-trick liga domestik dalam jumlah yang sama. Dengan perlombaan berkelanjutan mereka untuk menjadi pencetak gol terbanyak dalam kompetisi UEFA pada saat kompetisi berhenti karena coronavirus.

Total hattrick Ronaldo hingga saat ini adalah 56 hattrick masing-masing 8 kali di Liga Champions, 36 kali di Liga domestic, 2 kali di Piala domestic, satu kali di Piala Dunia antar klu dan 9 kali dalam laga International.

Sedangkan total untuk Messi sudah mencapai 54 hattrick masing-masing 8 kali di Liga Champions, 36 kali di Liga domestic, 3 kali di Piala domestic, satu kali di Piala Super Spanyol dan 6 kali dalam laga International.

Pada saat kompetisi domestic di Eropa kembali bergulir, maka perlombaan hattrick kedua pemain ini kembali berlanjut.

Keduanya memang pemain dengan kualitas luar biasa yang lahir di muka bumi ini. Hingga saat ini belum terlihat ada sosok lain yang bisa menggantikan posisi mereka sebagai pemain terbaik dunia.

Comments are closed.