Fakta Campeche Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Fakta Campeche Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Fakta Campeche Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Fakta Campeche Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna – Campeche merupakan sebuah kota di Meksiko. Kota ini letaknya di bagian timur. Tepatnya di negara bagian Campeche. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 211.671 jiwa. Kota ini didirikan pada tahun 1540 oleh San Francisco de Campeche.

Campeche adalah ibu kota dari negara bagian di Meksiko yaitu Campeche. Sama halnya kota Vigan di Filipina, dahulu Campeche adalah bagian dari proyek perencanaan kota kolonial bangsa Spanyol.

Kota ini cukup menarik perhatian wisatawan baik dalam maupun luar negeri karena penuh warna seperti pelangi dan sering disebut pula sebagai playsbo kota bajak laut. Bahkan di Campeche terdapat wisata menarik bertema bajak laut lho.

1. Kota Campeche berdiri pada tahun 1540 oleh conquistador Spanyol

Sebelum menjadi wilayah kolonial bangsa Spanyol, Campeche ialah desa adat suku Maya yang memiliki nama Ah Kim Pech. Hingga akhirnya di tahun 1517, bangsa Spanyol datang dan mulai menguasai kota ini.

Pada tahun 1540, seorang conquistador atau penjelajah Spanyol yang bernama Fransisco Montejo mulai meresmikan keberadaan kota ini yang kemudian mengganti namanya dari Ah Kim Pech menjadi San Fransisco de Campeche atau yang lebih dikenal dengan nama Campeche.

2. Campeche terdaftar sebagai Situs Warisan dan Budaya UNESCO di Meksiko

Memiliki sekitar 17 situs arkeologi dan bangunan-bangunan bersejarah masa kolonialisme Spanyol, menjadikan kota Campeche masuk dalam daftar Situs Warisan dan Budaya UNESCO pada tahun 1999 sebagai kota bersejarah.

3. Campeche dikelilingi oleh tembok benteng yang menjadi saksi bisu penyerangan bajak laut

7 Fakta Campeche, Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Letak geografis kota Campeche yang berada di bagian selatan Meksiko, menjadikannya sebagai wilayah jalur perdagangan strategis antara Spanyol, Kuba, dan Meksiko Tengah.

Hal mencolok tersebut menjadi perhatian bajak laut asal Inggris dan Belanda yang memutuskan untuk menyerang wilayah Campeche agar dapat mengusai kota ini. Terlebih kedua negara tersebut mengetahui jika rivalnya adalah Spanyol.

Sering diserang oleh bajak laut mendorong bangsa Spanyol untuk mendirikan delapan benteng pertahanan pada tahun 1686, yang ditangani oleh insinyur asal Prancis yaitu Louis Bouchard de Becour. Inilah sebab, kota Campeche disebut kota bajak laut.

4. Kuliner Campeche memiliki pengaruh dari suku Maya, bangsa Spanyol, dan bajak laut

7 Fakta Campeche, Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Memiliki latar belakang sebagai wilayah suku Maya serta dikoloni oleh bangsa Spanyol, ditambah pula kedatangan bajak laut membuat kuliner tradisional Campeche menjadi beragam.

Empanada, panucho, roti dogfish, pompano acar, cazon relleno, chile x ‘catic, udang kelapa, dan seafood ceviche, beberapa nama kuliner yang cukup populer di Campeche.

5. Puerta de la Tierra, gerbang di Cempeche untuk mencoba berfantasi di dunia bajak laut

7 Fakta Campeche, Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Delapan benteng yang dibangun setiap pintunya memiliki nama dan fungsi masing-masing. Puerta de la tierra, salah satunya. Pintu masuk utama yang dibangun pada tahun 1732 ini, kini difungsikan sebagai objek wisata.

Pertunjukan audio maupun visual menjadi atraksi menarik yang ditawarkan Puerta de la Tierra. Apalagi, di sini masih memajang banyak barang-barang asli yang berasal dari abad ke-17 yang membuat sensasi berfantasi dunia bajak laut kian terasa.

6. Gak hanya terkenal sebagai kota pelangi dan bajak laut, Campeche disebut juga sebagai kota seni

7 Fakta Campeche, Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Bangunan yang berwarna-warni, membuat kota Campeche terlihat berseni ditambah pula banyak spot di kota ini dihiasi mural dan patung-patung modern maupun klasik. Menjadikan kota Campeche terkenal pula di mata wisatawan sebagai kota seni yang indah di Meksiko.

7. Kota produksi manisan yang enak di Meksiko

7 Fakta Campeche, Kota Bajak Laut di Meksiko yang Penuh Warna

Meksiko terkenal dengan tradisi kuno mereka dalam hal manisan, pengawetan makanan, dan minuman. Campeche ialah salah satu kota produksi manisan yang enak di Meksiko. Jadi jangan heran jika berkunjung ke kota ini kalian banyak dapati toko-toko yang menjual manisan buah.

Itulah tadi tujuh fakta seputar Campeche, kota bajak laut yang penuh warna. Biar liburan di sini makin lengkap, jangan lupakan berfoto di Campeche Sign ya. Monumen berwarna huruf balok yang bertulis ‘Campeche’ di wilayah Malecon.

Comments are closed.