Gerakan-Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu lakukan di Rumah

Gerakan-Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu lakukan di Rumah

Gerakan-Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu lakukan di Rumah

Gerakan-Gerakan Olahraga yang Bisa Kamu lakukan di Rumah – Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak.

Olahraga merupakan aktivitas untuk menjaga kesehatan badan dan memperkuat otot. Beberapa cabang olahraga membutuhkan banyak pemain dan alat yang mahal. Tak hanya itu, kamu juga membutuhkan ruang yang luas untuk melakukannya.

Di masa pandemik COVID-19 seperti sekarang ini, tentunya kamu sangat tidak dianjurkan untuk berolahraga bersama teman-teman atau dengan Cara Login IDN Poker APK orang asing di gym atau studio olahraga. Namun, jangan jadikan itu sebagai alasan untuk tidak berolahraga, karena olahraga bisa tetap kamu lakukan di rumah.

1. Yoga 

5 Macam Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Yuk Gerak!

Yoga adalah jenis olahraga yang tak memerlukan banyak ruang dan bisa dilakukan semua orang. Kamu bisa melakukan yoga di rumah baik sendiri sendiri maupun mengajak orang lain yang tinggal serumah.

Yoga merupakan salah satu teknik yang mengajarkan relaksasi, teknik pernapasan, dan posisi tubuh untuk meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan mengurangi rasa nyeri.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The International Journal of Indian Psychology, latihan yoga secara teratur bisa mendatangkan banyak sekali manfaat kesehatan, di antaranya dapat meningkatkan kebugaran dan normalisasi tekanan darah.

Bagi kamu yang pemula dalam yoga, mulailah dengan pose-pose yoga yang mudah terlebih dulu, seperti child posture, wind-releasing posture, corpse posture, dan mountain pose.

2. Senam aerobik

5 Macam Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Yuk Gerak!

Senam aerobik bisa menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyehatkan di rumah, dan jenis olahraga ini bisa dilakukan untuk semua orang segala usia.

The Physical Activity Guidelines for Americans merekomendasikan untuk melakukan senam aerobik dengan intensitas sedang selama 150-300 menit per minggu. Tak ada instruktur senam? Tak masalah. Sudah banyak video tutorial yang bisa dengan mudah diakses dengan sambungan internet.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam German Journal of Sports Medicine tahun 2020, aktivitas aerobik yang dilakukan secara rutin sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Di antara manfaat tersebut adalah merangsang sistem kekebalan, baik untuk mendukung fungsi pembuluh darah jantung, punya efek anxiolytic (menangani gangguan kecemasan) dan antidepresan, meningkatan self concept dan self efficacy, serta penahan stres kronis.

3. Joging

Siapa bilang joging harus selalu dilakukan di luar rumah? Jenis olahraga ini juga bisa dilakukan di dalam rumah, lho. Kamu bisa mulai dengan keluar kamar dan mulai joging ke seluruh ruangan di rumah.

Kalau tidak mungkin, kamu bisa berlari di halaman rumah beberapa putaran. Bila kondisi memungkinkan, joging bisa dilakukan di sekitar lingkungan permukiman. Namun, ingat untuk menghindari kerumunan, ya.

Melansir BetterHealth, lari atau joging secara teratur menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, meliputi membangun tulang yang kuat, memperkuat otot, meningkatkan kebugaran kardiovaskular, membakar kalori, dan membantu menjaga berat badan yang sehat.

4. Skiping

5 Macam Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Yuk Gerak!

Lompat tali atau skiping adalah olahraga yang tidak memerlukan banyak biaya dan menyenangkan. Kamu bahkan bisa memainkannya dengan anggota keluarga lainnya di rumah.

Lompat tali juga bisa kamu andalkan untuk bakar kalori. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Research Quarterly: American Association for Health, Physical Education and Recreation tahun 2013, disebutkan bahwa partisipan laki-laki yang menghabiskan waktu selama 10 menit lompat tali setiap hari selama enam minggu dilaporkan mengalami peningkatan kebugaran kardiovaskular, sama seperti laki-laki yang menghabiskan waktu selama 30 menit joging untuk jangka waktu yang sama.

Peter M. Schulman, seorang profesor anestesiologi dan kedokteran perioperatif asal AS menyatakan bahwa lompat tali sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, lompat tali juga bisa memperkuat tubuh bagian atas dan bawah, serta membakar banyak kalori dalam waktu relatif singkat.

5. Hulahop

5 Macam Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah, Yuk Gerak!

Kita biasa mengenal hulahop sebagai permainan anak-anak. Padahal, semua orang bisa memainkannya juga, lho.

Hulahop memiliki bentuk bulat dan terbuat dari berbagai bahan. Beberapa di antaranya terbuat dari plastik dan ada juga yang terbuat dari rotan. Ukurannya pun berbeda beda untuk setiap orang.

Melansir The Joint, olahraga dengan hulahop baik untuk otot punggung, kekuataan otot inti, dan fleksibilitas tubuh. Sebelum memulainya, kamu disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dulu. Bila kamu seorang pemula, mulailah dengan durasi 5 menit dalam sehari, lalu tambahkan durasinya secara bertahap hingga kamu sanggup melakukannya selama 30 menit per hari.

Itulah lima jenis olahraga yang bisa dengan mudah kamu lakukan secara rutin di rumah.

Comments are closed.