Jenis Makanan yang Aman Kamu konsumsi sebelum Mulai Berolahraga

Jenis Makanan yang Aman Kamu konsumsi sebelum Mulai Berolahraga

Jenis Makanan yang Aman Kamu konsumsi sebelum Mulai Berolahraga

Jenis Makanan yang Aman Kamu konsumsi sebelum Mulai Berolahraga – Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga, misalnya berjalan, berlari, menari, berenang atau yoga, merangsang otot-otot dan berbagai bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Kita semua ingin memperoleh hasil yang maksimal dari idn poker apk olahraga. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari latihan angkat beban, lari lebih cepat atau lebih lama, gerakan lebih lincah, dan masih banyak lagi. Selain itu, makanan yang dikonsumsi sebelum olahraga pun perlu diperhatikan.

Ada banyak manfaat yang didapat dari makan sebelum olahraga. Melansir laman Inkin, dengan mengonsumsi makanan yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan lemak sebelum berolahraga, tubuh akan memiliki energi yang cukup, mencegah lemas, melawan kelelahan, bahkan mendukung stamina cepat pulih. Bahkan, menurut sebuah laporan dalam The British Journal of Nutrition tahun 1997, asupan nutrisi yang optimal sebelum berolahraga bukan hanya mendukung tubuh memaksimalkan kinerja, tapi juga mengurangi kemungkinan kerusakan otot.

Para peneliti juga menemukan bahwa waktu dan frekuensi asupan makanan serta cairan bisa mendukung atlet dan orang yang melakukan kegiatan fisik untuk meningkatkan performa latihan mereka. Asupan makanan yang tepat dapat mengoptimalkan ketersediaan bahan bakar untuk meningkatkan intensitas latihan. Di samping itu, proses siklus ulang glikogen otot dan hati juga lebih optimal. Kamu harus memperhitungkan waktu makan dengan asupan nutrisi dalam masuk tubuh. Seperti yang dijelaskan di Healthline, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • 2-3 jam atau lebih sebelum olahraga

Pilihan makanan di waktu ini bisa lebih kompleks, seperti sandwich gandum utuh dengan protein tanpa lemak dan salad pendamping, telur dadar dengan roti gandum dan buah, atau nasi merah dengan sayuran panggang serta protein tanpa lemak.

  • 1-2 jam sebelum olahraga

Sebaiknya konsumsi makanan yang lebih cair agar cepat dicerna oleh tubuh, contohnya smoothie campuran susu, pisang, buah berry, bubuk protein, atau secangkir oatmeal dengan topping susu, pisang, dan almon.

  • 1 atau kurang sebelum olahraga

Pilihlah asupan yang cair seperti Greek yogurt dan buah-buahan.

Jadwal makanan di atas bukan membuatmu makan semuanya, tapi pilih salah satu waktu saja.

1. Pisang 

5 Jenis Makanan yang Aman Dimakan sebelum Olahraga

Pisang mengandung potasium dan karbohidrat yang baik untuk meningkatkan fungsi otot serta saraf. Selain itu, karbohidrat juga bisa menjadi bahan bakar untuk otak dan tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One tahun 2012 meneliti 14 pesepeda yang mengonsumsi pisang selama 15 menit sebelum memulai bersepeda. Dilaporkan bahwa mereka mampu menyelesaikan uji coba bersepeda sejauh 75 km dengan perubahan gula darah, stres oksidatif, peradangan, dan imunitas yang sama baiknya dengan mereka yang mengonsumsi minuman berkarbohidrat 6 persen.

2. Buah dan Greek yogurt

5 Jenis Makanan yang Aman Dimakan sebelum Olahraga

Ini merupakan dua makanan yang lezat, bernutrisi, dan bagus dikonsumsi sebelum berolahraga. Pilihlah buah yang mengandung karbohidrat dan kombinasikan dengan yoghurt yang kaya akan protein.

Sebaiknya pilih Greek yogurt yang memiliki kadar protein dua kali lipat dibandingkan yoghurt biasa. Selain itu, Greek yogurt juga mempunyai jumlah karbohidrat dan natrium yang tidak terlalu tinggi.

Jadi, bila buah dan Greek yogurt digabungkan, karbohidrat dalam buah dapat menjadi sumber energi ketika latihan, sedangkan protein yang disimpan dalam yoghurt bisa dipakai untuk mencegah kerusakan otot.

3. Oat

5 Jenis Makanan yang Aman Dimakan sebelum Olahraga

Dikenal kaya akan serat, oat dapat melepaskan karbohidrat secara bertahap. Dengan pelepasan yang lambat ini, tingkat energi yang dikeluarkan konsisten sepanjang latihan, hingga kamu bisa berolahraga lebih lama.

Oat juga kaya akan vitamin B yang mengubah karbohidrat jadi energi, lho. Pilihan oat yang terbaik adalah Ireland oat, jenis oat dengan pemprosesan yang paling sedikit dan mengandung indeks glikemik yang lebih rendah ketimbang oat instan.

4. Buah kering 

5 Jenis Makanan yang Aman Dimakan sebelum Olahraga

Kamu bisa mencampurkan beberapa buah kering seperti aprikot, beri, dan nanas sebagai hidangan sebelum olahraga. Buah kering merupakan sumber karbohidrat sederhana yang mudah dicerna tubuh dan efektif diubah jadi sumber energi.

Menurut sebuah tinjauan ilmiah dalam Journal of Food and Nutrition Sciences tahun 2014,  nutrisi buah-buahan kering seperti vitamin A, C, gula alami, niasin, folat, ribofavin, kalium, asam organik, dan fitronutrien dinilai efektif membakar kalori dalam tubuh.

Kandungan serat larutnya pun dinilai cepat membakar lemak yang ada di perut, lengan, dan beberapa anggota tubuh lainnya.

5. Roti gandum utuh

5 Jenis Makanan yang Aman Dimakan sebelum Olahraga

Dalam sepotong roti gandum utuh terdapat sumber karbohidrat yang baik. Untuk hasil yang optimal, kamu bisa menambahkan telur rebus untuk camilan sebagai sumber protein atau daging kalkun rendah lemak.

Kamu bisa membuat jadwal makanan sehat mana yang akan kamu konsumsi sebelum memulai olahraga. Namun, untuk mendapat hasil yang lebih cepat, pilihlah makanan yang bisa membantu membakar kalori lebih cepat pula. Selain itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik sebelum, saat, dan sesudah berolahraga, ya

Comments are closed.