Life hack mengatur keuangan bagi freshgraduate

Life hack mengatur keuangan bagi freshgraduate

Life hack mengatur keuangan bagi freshgraduate

Life hack mengatur keuangan bagi freshgraduate,- Setelah lulus dan mulai bekerja, inilah saat nya kamu hidup mandiri dan menghasilkan uang bagi diri sendiri. Agar kamu mudah dalam mengatur keuangan ada beberapa cara, seperti :

Buat rincian biaya hidup kamu

Beda kota, beda juga rata-rata pendapatan dan biaya hidupnya. Kamu yang akan merantau jauh dari kampung halaman sebaiknya melakukan survei terlebih dahulu dan mengetahui perkiraan biaya hidup di kota yang akan kamu tuju. Bisa saja pengeluaranmu lebih tinggi ataupun lebih rendah, tergantung dari kota yang akan kamu tinggali. Bandingkan juga jumlah pengeluaran dengan jumlah penghasilan agar kamu bisa tetap hidiup nyaman tanpa harus pusing memikirkan kondisi keuangan.

Catat semua pengeluaran mu

Agar kamu tidak kebingungan ketika kemana pergi nya duit kamu, alangkah baik nya kamu mencatat semua pengeluaran kamu, Mulai dari pengeluaran utama untuk kos, makan, transportasi, hingga pengeluaran untuk asuransi ataupun pulsa  HP, sebaiknya kamu catat semua secara detail. Tidak perlu repot membawa buku catatan untuk ini, kamu juga bisa membuat catatan di HP atau unduh aplikasi pengatur keuangan. Dengan cara ini keuanganmu akan tercontrol dengan baik dan kamu lebih efektif ketika kamu ingin menabung untuk membeli sesuatu.

Tentukan Prioritas kamu

Satu hal yang harus kamu pelajari saat akan hidup mandiri yaitu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Ingin beli baju baru tapi belum gajian? Tahan dulu keinginan belanjamu dan gunakan uangnya untuk hal yang lebih penting, seperti membeli makanan misalnya. Laptop untuk bekerja rusak? Segera prioritaskan dan sisihkan gajimu untuk biaya servis laptop agar kamu pekerjaanmu tidak terganggu. Dengan begini, kamu bisa mengatur mana pengeluaran yang harus didahulkan dan mana pengeluaran yang bisa ditahan.

Jangan membuat kartu kredit

Bagi kamu yang baru lulus dan baru mulai bekerja, untuk membuat kartu kredit seperti nya belum tepat bagi kamu yang freshgraduate, Karena yang pertama gaji kamu yang belum terlalu besar untuk membayar cicilan kredit, kemudian kamu akan nafsu begitu melihat banyak promo yang ditawarkan oleh kartu kredit yang kamu punya.

dimasa – masa para millenial atau baru lulus akan sangat sulit untuk mengatur keuangan ketika kamu sudah bekerja, yang dikarenakan rasa keinginan untuk memenuhi keinginannya di bandingkan kebutuhannya.

Comments are closed.