Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Manfaat Bermain Bulu Tangkis

Manfaat Bermain Bulu Tangkis – Bulutangkis/Badmonton adalah, suatu olahraga rkt yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Olah raga yang satu ini hampir mirip seperti tenis.

Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata, yaitu bulu dan tangkis. Kata bulu diambil dari bentuk atau wujud kok (shuttlecock) yang terbuat dri bulu angsa. Sedangkan “tangkis” diambil dari kata dasar menangkis. Inti dari permainan bulu tangkis adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock (bulu) tersebut.

Banyak cara dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, mulai dari tidak meninggalkan kebiasaan sarapan pagi, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi hingga rajin berolahraga. Jika ketiganya rutin kita terapkan, bukan tidak mungkin tubuh akan tetap fit dan tidak mudah sakit. Kalau tubuh jarang sakit, maka kita akan semangat terus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Olah raga juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tidak melulu harus pergi ke gym, karena pada dasarnya olah raga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bahkan olahraga di kantor pun masih bisa dilakukan. Selagi ada niat kuat untuk berolah raga, maka jangan sia-siakan niat tersebut untuk menjaga aset tubuh yang tidak ternilai harganya ini.

Mampu meningkatkan daya tahan otot

Ketika Anda memainkan bulutangkis, otot di tubuh akan ikut kencang dan kendur di waktu yang singkat. Hal ini lantaran Anda terus menerus bergerak sehingga menjadi sebab daya tahan otot Anda akan bisa lebih kuat. Ketika Anda punya bentuk otot yang kurang kencang, maka bulutangkis ini bisa jadi olahraga pilihan. Otot tubuh yang tidak kencang akan terlihat kendur sehingga tidak begitu bagus untuk tubuh wanita.

Tingkatkan metabolisme

Untuk fungsi kardio paru pun Anda akan bisa mendapatkannya dengan bermain bulutangkis. Hal ini lantaran Anda akan bisa berkeringat alami dimana ketika tubuh berkeringat ini akan bisa membuang racun di tubuh hingga mempercepat metabolisme yang ada. Dengan demikian, maka tubuh pun bisa lebih ringan serta lebih bebas.

Memperbaiki postur tubuh

Terkadang karena terlalu banyak duduk, terlalu banyak membungkuk hingga aktivitas keseharian lainnya menjadikan postur tubuh wanita kurang bagus. Untuk memperbaiki bentuk tubuh Anda bisa menjadikan badminton sebagai terapinya. Anda akan bisa memperbaiki postur pada tubuh dan bonus tambahannya adalah Anda pun akan bisa lebih mudah ketika menurunkan berat badan. Dengan pergerakan maju mundur hingga ke samping pun menjadikannya tubuh Anda terlatih.

Meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan

Tentu manfaat bulu tangkis yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Bulu tangkis termasuk jenis olahraga kardio. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk menguatkan otot jantung. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Main bulu tangkis dilaporkan mampu membakar kalori paling banyak ketimbang dengan berlari, menyelam, dan main bola sepak — hingga 450 kalori per jam. Menariknya lagi, manfaat kebugaran ini juga bisa dirasakan oleh orang-orang usia lanjut. Dilansir dari British Heart Foundation, seorang berusia 50 tahun dengan berat 70 kilogram dapat membakar 350 kalori hanya dengan satu jam main bulu tangkis.

Comments are closed.