Mobil Sport Paling Keren Asal Jepang

Mobil Sport Paling Keren Asal Jepang

Mobil Sport Paling Keren Dekade 90-an Asal Jepang

Mobil Sport Paling Keren Asal Jepang – Jepang merupakan salah satu negara yang banyak menghasilkan perusahaan otomotif terkenal. Beragam kendaraan diproduksi di negara ini, mulai dari model SUV, MPV hingga mobil Sport.

Selama dekade 90-an, pabrikan otomotif Jepang telah berhasil membuat kendaraan dengan performa hebat. Berdasar pengalaman mereka bertahun-tahun sebelumnya untuk menantang mobil-mobil terbaik dari Eropa. Secara tak terduga, para pengemudi Ferrari dulu was-was pada performa mesin mobil dari Honda, Mazda, Mitsubishi, Nissan, dan Toyota.

Kini, mungkin Ferrari tidak terlalu khawatir tentang perlawanan dari pabrikan Jepang, tapi mari kita lihat mobil-mobil berikut untuk mengenang masa keemasan industri otomotif Jepang.

Mazda RX-7

Mazda RX-7 adalah mobil yang dirilis pada tahun 1993 dan menjadi sensasi saat itu. Seperti Nissan 300ZX, mobil Mazda RX-7 juga memiliki tampilan menarik dengan lekukan-lekukan di sudutnya agar tampak alami.

Meski tidak powerful seperti Acura NSX, mobil ini sangat mudah dikendalikan, dan selain itu Mazda juga menawarkan paket pilihan suspensi alot agar pengendara RX-7 tidak risau saat melintasi jalan yang sedikit rusak.

Nissan 300ZX

Nissan sebenarnya sudah membuat mobil seri Z selama beberapa tahun sebelum akhirnya muncul generasi 300ZX pada tahun 1990, yang tampilan begitu halus dengan lekukan di sudut-sudut mobil.

Mobil Nissan 300ZX awalnya dibekali dengan mesin V6 3.0-liter dengan 222 tenaga kuda, tapi generasi selanjutnya ditingkatkan dengan mesin twin-turbo lima kecepatan manual yang mampu mencapai 300 tenaga kuda. Namun, untuk empat kecepatan otomatis hanya bisa mencapai 280 tenaga kuda.

Mengenang Masa Keemasan Industri Otomotif Jepang

Honda Acura NSX

Menduduki posisi teratas di antara mobil-mobil lain di daftar ini karena harganya paling mahal saat itu. Honda menanamkan mesin V6 3.0-liter pada mobil ini. Dirilis pada 1991, Acura NSX mampu menghasilkan 270 tenaga kuda, dan dilengkapi enam kecepatan manual. Meski begitu juga tersedia dengan empat kecepatan otomatis.

Honda memasang powerplant di belakang kemudi dan memberi lapisan mulus pada seluruh bodi mobil. Panel eksterior dibuat dari aluminium agar bobot mobil ringan. Bahkan Honda menggunakan teknologi super komputer untuk menghitung secara presisi kebutuhan material mobil agar bobot Acura NSX tepat sesuai target.

Mitsubishi 3000GT

Di Jepang, Mitsubishi 3000GT lebih dikenal sebagai mobil balap yang memiliki kemiripan dengan mobil Ferrari, juga serupa dengan mobil Mitsubishi lain seperti 250 GTO dan 288 GTO. Hal itu disengaja sebagai strategi penjualan oleh tim pemasaran Mitsubishi.

Mitsubishi 3000GT dibekali dengan mesin V6 twin-turbo 3.0-liter yang mampu menghasilkan 300-320 tenaga kuda. Mobil ini dirilis pada tahun 1992 hingga produksinya dihentikan pada tahun 1999.

Kemampuan dasar 3000GT mengandalkan sistem gerak semua roda. Mesinnya dilengkapi turbo ganda, juga aero kit adjustable yang dapat menstabilkan mobil saat melaju di kecepatan tinggi menjadi fitur standar mobil buatan Mitsubishi ini.

Toyota Supra

Akhirnya, untuk merespon persaingan dengan Honda, Mazda, Mitsubishi, dan Nissan, Toyota memutuskan untuk merilis generasi Supra di tahun 1993. Hasilnya sangat mengesankan, mobil ini mampu memberi fungsi aerodinamis yang baik dan bobot bodi mobil yang ringan.

Sayang, ada hal buruk yang menghentikan langkah Supra, yakni tidak bisa bersaing dalam harga untuk mencapai target emisi gas buang yang ditentukan oleh banyak negara. Alhasil, mobil legendaris Toyota satu ini berhenti diproduksi pada tahun 2002.

Nah, itu tadi mobil-mobil sport legendaris dekade 90-an asal Jepang, dari Honda sampai Toyota. Kualitasnya setara bahkan melebihi mobil sport Eropa. Mungkin kamu setuju?

Comments are closed.