Olahraga Air Selain Renang

Olahraga Air Selain Renang

Olahraga Air Selain Renang

Olahraga Air Selain Renang, – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menyehatkan. Tidak hanya terbatas pada olahraga di daratan, olahraga juga dapat dilakukan di air.

Olahraga di dalam air selain menyegarkan juga menawarkan sensasi yang berbeda tentunya juga menawarkan tantangan yang berbeda. Berolahraga sambil bermain air tentu merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Selain renang, ternyata ada macam-macam olahraga air lainnya. Beberapa olahraga air bahkan dijadikan turnamen. Berikut beberapa olahraga air selain renang:

Arum Jeram

Olahraga air yang menyenangkan selanjutnya adalah arum jeram. Arum jeram memiliki nama lain rafting.

Olahraga satu ini melibatkan media boat karet, kayak, dayung, dan kano. Perpaduan antara olahraga, edukasi, petualangan, dan rekreasi sangat lekat dengan olahraga air satu ini.

Hal ini disebabkan karena rafting atau arum jeram merupakan olahraga air mengarungi jalur sungai yang memiliki jeram. Untuk dapat melakukan olahraga ini, dibutuhkna kondisi tubuh yang prima

Arum jeram tidak hanya mengutamakan kekuatan fisik yang prima, namun juga kekompakan seluruh tim untuk melewati rintangan. Olahraga ini juga memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi, oleh karena itu menggunakan pelampung dan pelindung adalah hal yang wajib.

Selancar

Olahraga air selancar sangat populer dan digandrungi oleh anak muda. Menurut catatan sejarah, surfing pertama kali ditemukan oleh Joseph Banks.

Joseph adalah satu awak kapal HMS Endeavour, dalam perjalanan pertama James Cook ke benua Amerika. Syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga selancar adalah memiliki kemampuan berenang.

Hal ini disebabkan karena pada umumnya olahraga air selancar akan melibatkan ombak di pantai. Meskipun kini juga telah ditawarkan tempat-tempat yang memberikan ombak buatan.

Olahraga air selancar, membutuhkan stamina yang kuat. Keseimbangan yang baik dan kemampuan berenang menjadi kunci olahraga air yang satu ini. Untuk melakukan olahraga air selancar dibutuhkan latihan hingga benar-benar siap dengan menguasai teknik selancar yang benar.

Polo Air

Polo air merupakan kegiatan olahraga beregu yang dalam satu tim terdiri atas enam pemain dan satu kipper. Olahraga satu ini dapat dikatakan sebagai olahraga gabungan antara gulat, berenang, sepak bola, dan bola basket.

Peraturan dalam olahraga polo air mirip dengan peraturan pada olahraga sepak bola. Tujuan dari olahraga polo air adalah untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Satu gol yang tercetak dalam olahraga ini dihitung sebagai satu poin. Pada tahun 1948 olahraga ini telah dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional Pertama (PON-IO) di Solo.

Sama halnya dengan olahraga-olahraga lain, setiap regu dalam polo air harus menggunakan seragam. Jika pada olahraga lain nomor diberikan pada baju, pada polo air penomoran diletakkan pada topi.

Bola yang digunakan pada olahraga ini memiliki besar berkisar antara 14 dan 16 ons. Untuk pemain perempuan lingkar bola harus memiliki luas 26.5 inci dan untuk laki-laki luasnya berkisar 28 inci.

Renang Indah

Berbeda dengan renang pada umumnya, renang indah merupakan jenis olahraga air yang menggunakan ketahanan fisik dan keluwesan tubuh. Olahraga air satu ini condong ke bentuk olahraga senam.

Olahraga ini melibatkan sisi artistik dari sebuah tarian. Sehingga dapat dikatakan bahwa renang indah merupakan perpaduan antara tarian dan olahraga

Renang indah dapat dilakukan secara beregu, tunggal, duet, maupun dilakukan secara trio. Hal yang dibutuhkan dalam melakukan renang indah adalah ketahanan menahan nafas di dalam air.

Olahraga air yang sudah ada dari tahun 1900-an ini menekankan gerakan dinamis di dalam air, sehingga kemampuan berenang dan menahan nafas yang panjang sangat dibutuhkan.

Comments are closed.