Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu – Lengan merupakan salah anggota tubuh yang sering menjadi langganan menumpuknya lemak, baik pada laki-laki maupun perempuan. Memiliki lengan bergelambir yang kurang proporsional tentu sangat memengaruhi kepercayaan diri. Pasalnya gelambir pada lengan atas akan membuat tubuh jadi tampak gemuk, meskipun bagian tubuh yang lain sudah cukup ideal.

Demi mendapatkan penampilan yang kece badai, nggak heran banyak orang rela melakukan apa saja untuk mengusir gelambir pada lengan. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, kamu kudu menyimak ulasan cara mengecilkan lengan berikut ini nih. Namun, sebelum mengetahui cara mengecilkan lengan, yuk cari tahu dulu penyebab lengan berlemak dan bergelambir.

Lengan memang merupakan bagian tubuh yang akan membesar saat seseorang mengalami kenaikan berat badan. Lengan berlemak umumnya disebabkan oleh akumulasi lemak berlebih di daerah lengan. Kurangnya aktivitas fisik dan tidak melakukan olahraga secara teratur dapat menyebabkan akumulasi lemak dalam tubuh, termasuk lengan. Jika penumpukan lemak di bagian lain dari tubuh biasanya mudah untuk hilang, namun akan sangat sulit untuk membakar lemak berlebih di lengan.

Bertambahnya usia juga merupakan faktor lain yang mempengaruhi lemak di lengan. Setelah menginjak umur 20-an, tubuh cenderung menyimpan lebih banyak lemak di berbagai daerah tubuh dan otot mulai menurun. Jadi lemak yang menumpuk menjadi lebih banyak dari otot, itulah yang menyebabkan lengan menjadi bergelambir.

Tingkat metabolisme juga menjadi alasan lain dari terjadinya penumpukan lemak di lengan. Tingkat metabolisme juga akan menurun seiring bertambahnya usia, itu berarti tubuh membakar kalori lebih sedikit. Kondisi ini akhirnya mengarah kepada penumpukan lemak di lengan.

Untuk mengecilkan lengan sebenarnya ada dua cara, yakni dengan olahraga dan tanpa olahraga. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/10/2018) beberapa cara mengecilkan lengan bergelambir yang efektif.

1. Push up

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Pada dasarnya, push up adalah latihan dada, tetapi bisa digunakan untuk melatih otot trisep. Menurut laman Calories World, 10 menit push up yang kuat bisa membakar 96 kalori. Seperti apa langkah-langkah push up untuk menyingkirkan lengan bergelambir?

Pertama, letakkan lengan dengan telapak tangan menghadap lantai, lebarkan bahu, dan rapatkan kedua kaki. Lalu turunkan badan hingga dada hampir menyentuh lantai dan tarik napas pada posisi ini. Naikkan tubuh ke atas dan buanglah napas. Jika dilakukan secara konsisten, massa otot di trisep bisa terbentuk, ujar laman Live Healthy.

2. Bent over row

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Untuk melakukan latihan ini, kamu membutuhkan satu set dumbel atau barbel dengan berat minimal 2 kilogram. Awalnya, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu dan pegang barbel dengan telapak tangan menghadap bawah.

Lalu, bungkukkan tubuh ke depan, tekuk lutut sedikit, sembari menjaga punggung agar tetap lurus. Jaga siku supaya tetap dekat dengan tubuh dan tarik barbel ke arah dada, tepat di bawah tulang rusuk, saran laman Style Craze.

Tahan otot punggung beberapa detik saat berada di posisi ini. Lalu, turunkan barbel dan ulangi gerakan ini. Praktikkan setiap hari agar hasilnya nyata terlihat.

3. Triceps dips

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Untuk berlatih triceps dips, kamu hanya butuh kursi! Mudah dan murah, kan? Awali dengan menempatkan lengan di belakang punggung sembari memegang kursi. Lalu, turunkan tubuh secara perlahan dan jaga tubuh agar tetap tegak serta siku tetap dekat dengan sisi tubuh.

Laman Style Craze mewanti-wanti agar siku berada di sudut 90 derajat. Perlu diingat, kita hanya boleh menurunkan tubuh dengan otot trisep. Lakukan berulang-ulang dan konsisten selama 2 minggu agar hasilnya maksimal.

Menurut laman Very Well Fittriceps dips adalah latihan yang baik untuk membangun kekuatan lengan dan bahu. Selain itu, saat melakukan latihan ini, kita harus mengaktifkan otot inti saat menahan pinggul dari lantai. Cukup menantang, ya?

4. Push up satu lengan

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Ternyata, push up punya banyak variasi. Salah satunya adalah push up satu lengan. Tujuannya sama, yakni menarget otot trisep dan menyingkirkan lengan yang kendur, jelas laman Healthy Blab. Mau tahu caranya?

Pertama, berbaringlah miring dengan lutut yang sedikit ditekuk. Lalu, letakkan lengan kiri di bahu kanan dan dorong tubuh ke atas dengan lengan kanan. Lakukan berulang-ulang dan ubah lengan secara bergantian.

Menurut laman Workout Labs, latihan ini tak hanya mengasah otot trisep, tetapi juga otot dada. Disarankan untuk melakukan gerakan ini di atas matras.

5. Tricep kickbacks

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Sepintas, tricep kickbacks terlihat mirip dengan gerakan bent over row. Tetapi, ini adalah dua latihan yang berbeda. Alat yang diperlukan sama, yakni dua dumbel ringan dengan berat minimal 2 kilogram. Jika tidak ada, kamu bisa memakai botol air berukuran 1,5 liter, saran laman Style Craze.

Pertama, peganglah dumbel di masing-masing tangan dan berdirilah dengan sedikit menekuk lutut. Jangan lupa jaga punggung agar tetap lurus dan kepala tetap tegak.

Lalu, rentangkan lengan ke belakang, tahan posisi ini selama beberapa detik, dan turunkan lengan ke posisi semula. Ingat, jangan mengayunkan lengan saat menurunkannya!

6. Tricep extensions

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Mingguforeo.com

Masih ada latihan yang bisa kamu lakukan untuk menyingkirkan lengan bergelambir, salah satunya adalah tricep extensions. Awalnya, berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu, lalu pegang dumbel dengan kedua tangan dan letakkan di belakang kepala, mengarah ke antara tulang belikat.

Kemudian, angkat lengan hingga dumbel berada tepat di atas kepala, pastikan siku tidak terlalu melebar ke luar. Ulangi latihan ini hingga 4 set, masing-masing berisi 8-12 repetisi, saran laman MYSA.

7. Counter push up

7 Olahraga Efektif untuk Mengatasi Lengan Bergelambir dalam 2 Minggu

Dan yang terakhir ada counter push up, yakni latihan yang bisa mengencangkan lengan menggunakan meja. Mundurlah ke belakang, lalu turunkan badan ke depan sembari berpegangan di meja. Pastikan kaki dan punggung lurus.

Setelahnya, tekuk siku dan turunkan badan seolah sedang push up. Lakukan setiap hari minimal 3 set dengan 20 kali repetisi. Niscaya, di hari ke-14 kamu akan melihat lenganmu mengecil!

Comments are closed.