Olahraga Hula Hoop untuk Kesehatan

Olahraga Hula Hoop untuk Kesehatan

Manfaat Bermain Hula Hoop untuk Kesehatan, Olahraga Murah Meriah

Olahraga Hula Hoop untuk Kesehatan – Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah berolahraga dengan menggunakan hula hoop. Tak hanya dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, hula hoop juga mampu membantu Anda untuk mengencangkan pinggang.

Coba bongkar gudang atau lemari lamamu. Barangkali, kamu menemukan hula hoop di dalamnya. Hula hoop merupakan mainan berbentuk lingkaran yang bisa diputar di pinggang, leher, atau anggota badan lainnya. Diameter hula hoop bervariasi, antara 70-100 cm dan umumnya terbuat dari rotan.

Lantas, apa manfaat bermain hula hoop bagi kesehatan? Apakah bisa Daftar S128 menurunkan berat badan dengan hula hoop? Daripada penasaran, tengok jawabannya di bawah ini!

Membakar lemak tubuh

Resah dengan lemak di beberapa bagian tubuh? Bakar saja dengan bermain hula hoop! Menurut studi berjudul “A Six-Week Trial of Hula Hooping Using a Weighted Hoop: Effects on Skinfold, Girths, Weight, and Torso Muscle Endurance” yang diterbitkan di The Journal of Strength and Conditioning Research pada tahun 2015, bermain hula hoop bisa melenyapkan beberapa sentimeter lemak di pinggang dan pinggul.

Studi ini melibatkan 18 perempuan yang menjalani uji coba hula hoop yang diberi pemberat selama 6 minggu. Rata-rata peserta mengalami penurunan 3,4 cm lingkar pinggang dan 1,4 cm lingkar pinggul. Lumayan juga, kan?

Meningkatkan keseimbangan tubuh

Merasa keseimbangan tubuh buruk? Kamu bisa bermain hula hoop untuk meningkatkan keseimbangan tubuh! Dilansir laman BBC, bermain hula hoop bisa melatih otot inti, meningkatkan fleksibilitas, postur dan keseimbangan tulang belakang. Selain itu, bermain hula hoop bisa meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata.

Hula Hoop Bermanfaat Untuk Mengencangkan Bagian Tubuh Terutama Tubuh Bagian Bawah

Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Ternyata, hasil yang didapat dari bermain hula hoop hampir serupa dengan aktivitas aerobik lain seperti menari salsa, tari perut, atau swing dance.  Dilansir dari laman Mayo Clinic, 30 menit bermain hula hoop bisa membakar 165 kalori pada perempuan dan 200 kalori pada laki-laki. Sounds good, right?

Dengan bermain hula hoop, kita bisa melatih kardiovaskular dengan cara yang menyenangkan. Jantung dan paru-paru akan bekerja untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. Lambat laun, latihan kardiovaskular yang rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan mengurangi stres, tutur laman Healthline.

Menguatkan otot-otot inti

Menariknya lagi, bermain hula hoop bisa menguatkan otot-otot inti. Fungsi otot-otot inti adalah untuk menstabilkan tulang belakang, memberikan dukungan kuat untuk aktivitas fisik, melatih otot perut, serta mencegah sakit punggung, pinggul, lutut, dan leher.

Saat bermain hula hoop, kita harus berusaha keras untuk menggerakkan pinggul demi menjaga agar hula hoop tetap melingkar di pinggang. Walau terlihat sepele, kita membutuhkan otot inti yang kuat dan mobilitas pinggul yang baik supaya hula hoop tetap bergerak, dilansir dari laman

Apa manfaat memiliki keseimbangan tubuh yang baik? Kamu bisa mempunyai kontrol yang lebih baik terhadap gerakan tubuh, memperbaiki postur, serta memungkinkan kita melakukan latihan lain dengan cara yang benar, tutur laman Healthline.

Comments are closed.