Olahraga Sederhana yang Buat Jantung Kamu Sehat

Olahraga Sederhana yang Buat Jantung Kamu Sehat

Olahraga Sederhana yang Buat Jantung Kamu Sehat

Olahraga Sederhana yang Buat Jantung Kamu Sehat – Jantung merupakan bagian tubuh yang paling penting dan perlu dijaga kesehatannya? Bila Anda setuju, mulai sekarang lakukan olahraga sebagai bagian gaya hidup agar bisa menjaga kesehatan jantung anda.

Menurut Dr. Siska Surianda Danny, Sp.JP(K), anggota pengurus Yayasan Jantung Indonesia setidaknya olahraga harus dilakukan 150 menit per minggu, setara dengan 30 menit per hari selama 5 hari atau 50 menit per hari selama 3 hari. Olahraga apa sajakah , berikut ini ulasannya..

1. Senam jantung
Olahraga ini baik untuk kesehatan jantung. Senam jantung bermanfaat untuk mempelancar aliran di seluruh tubuh sehingga dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang biasa berasal dari kolestrol dan lemak. Lakukan senam jantung selama 30 menit supaya kebutuhan oksigen tubuh bisa terpenuhi.

2. Jalan cepat di pagi hari
Jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan menurunkan risiko serangan jantung bila dilakukan secara teratur. Jadi, usahakan untuk bangun pagi dan lakukan olahraga ringan ini. Selain baik untuk jantung, jalan cepat juga bisa menjaga berat badan dan meningkatkan mood, lho.

3. Renang
Berenang bisa menurunkan stres serta bermanfaat untuk jantung seperti menurunkan detak jantung, membantu pernapasan, dan melancarkan sirkulasi darah serta menjaga tekanan darah. Lakukan olahraga ini setidaknya 30 menit setiap hari.

4. Sepeda
Selain menyenangkan, bersepeda secara teratur bisa menurunkan resiko masalah jantung seperti stroke dan serangan jantung. Gerakan mengayuh sepeda membuat tubuh bergerak dengan aktif, jadi, baik juga untuk pembuluh darah dan paru-paru.

5. Angkat beban
Angkat beban atau barbel ternyata penting untuk kesehatan jantung. Selain dapat membakar lemak dan membangun massa otot, latihan beban juga baik untuk kesehatan tulang dan jantung. Namun perlu diperhatikan ketika melakukan latihan angkat beban yakni menyesuaikan tempo gerakan.

6. Lari
Lari merupakan olahraga termudah dan termurah yang bisa dilakukan siapa saja. Namun setiap orang memiliki intensitas yang berbeda saat berolahraga lari. Ada yang rendah, sedang dan tinggi. Hal ini disesuaikan dengan kemampuan tubuhmu, ya.

Comments are closed.