Olahraga yang Kamu Lakukan Efektif atau Tidak

Olahraga yang Kamu Lakukan Efektif atau Tidak

Tanda Olahraga yang Kamu Lakukan Efektif atau Tidak, Perhatikan ya

Olahraga yang Kamu Lakukan Efektif atau Tidak – Semenjak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau kita untuk melakukan physical distancing. Banyak yang berubah dari cara kita hidup sehari-hari. Tak hanya melakukan proses belajar mengajar, bekerja, dan beribadah di rumah, para atlet dan orang-orang yang gemar berolahraga luar ruangan juga sangat kecewa. Mereka terpaksa harus membatasi olahraga di pusat kebugaran, atau di arena olahraga lainnya.

Sering olahraga, tapi benernya efektif gak sih? Kita sering dihantui dengan pertanyaan tersebut. Gak mau dong, waktu yang kita habiskan berjam-jam di gym ternyata terbuang sia-sia. Nah, untuk mengetahui apakah workout-mu sudah efektif atau belum, coba cek tanda-tanda ini. Kalau kamu mengalami tanda-tanda di bawah ini, mungkin kamu perlu meninjau ulang cara workout kamu.

Gadget-an sambil workout

Gak ngobrol, gadget-an pun jadi. Salah satu survei membuktikan bahwa salah satu faktor dari hasil fitness tidak maksimal adalah hapean sambil latihan, lho.

Atau malah kamu selalu cedera atau merasakan sakit

Linu-linu setelah latihan memang wajar, tapi apabila kamu sampai merasakan nyeri yang berlebihan setiap kali kamu latihan, bisa jadi kamu overtraining. Izinkan tubuhmu mengalami recovery, jangan karena semangat kurus jadi olahraga berlebihan. Bisa-bisa malah ototmu cidera atau jenuh.

Kamu mengalami stagnansi

Pada awalnya mungkin workout kamu menunjukkan banyak proses. Namun kenapa lama-kelamaan tidak terlihat apa-apa? Tubuh kita beradaptasi pada pola latihan kita. Oleh karena itu, kalau kamu mau prosesmu melesat lebih cepat lagi, coba ganti model latihanmu.

Kamu selalu lelah

Seharusnya apa yang kamu lakukan lama-lama memberimu energi, bukan membuatmu lelah setiap saat. Mungkin kamu kurang menyisipkan waktu istirahat atau recovery di dalamnya.

Kamu hanya melakukan gerakan-gerakan favoritmu

Zona nyaman. Biasanya gerakan-gerakan favorit adalah gerakan yang paling mudah dan bisa kamu lakukan. Hati-hati mengalami stagnansi, lho.

Lakukan Olahraga Dengan Intensitas yang Tepat

Kamu bisa ngobrol sambil workout

Ngobrol singkat sih gak apa-apa. Tapi kalau kamu bisa menggosipkan lagu terbaru BTS atau Blackpink sambil workout, kayaknya kamu perlu menahan diri lebih lagi.

Kamu tidak merasakan sakit atau nyeri sama sekali esok harinya setelah latihan

Sudah jelas. Kamu seharusnya merasakannya, karena ketika kamu latihan, kamu menimbulkan robekan-robekan mikroskopis terhadap ototmu. Otot-otot tersebut kemudian akan pulih dan menjadi lebih kuat. Kalau tidak ada rasa sakit atau nyeri, mungkin latihan kamu kurang intense.

Kamu tidak merasa lapar saat atau setelah workout

Sudah latihan, tapi gak lapar sama sekali? Mungkin kamu masih punya energi untuk melakukan lebih dari yang telah kamu tanggung.

Itulah tadi tanda-tanda yang bisa jadi parameter efektivitas olahragamu. Udah efektif belum olahraga kamu?

Comments are closed.