Yuk Berlatih Yoga yang Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kita

Yuk Berlatih Yoga yang Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kita

Yuk Berlatih Yoga yang Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kita

Yuk Berlatih Yoga yang Punya Segudang Manfaat Bagi Tubuh Kita – Yoga adalah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Postur atau rangkaian gerakan dan pernapasan adalah dua komponen utama yoga. Praktik olah tubuh ini telah dilakukan sejak 5000 tahun lalu di India dan telah diadaptasi ke dalam berbagai variasi.

Berolahraga memiliki berbagai variasi. Jika mungkin tidak terlalu cocok untuk melakukan kardio, yoga merupakan APK Poker IDNPlay Via Telkomsel alternatif olahraga yang memiliki sederet manfaat. Yoga merupakan olahraga yang menggabungkan antara latihan fisik dan meditasi.

Menurut Harvard Health Publishing, yoga bertujuan untuk melatih fisik tanpa harus keealahan. Tak hanya itu, yoga juga berfokus pada latihan sehingga tubuh menjadi lebih tenang.

1. Melatih fleksibilitas

Yoga membantu merenggangkan otot. Hal tersebut membantu tubuh ketika beraktivitas dan mengurangi kelelahan. Menurut penelitian, seseorang akan merasakan perubahan flesibilitas dalam tubuhnya sebanyak 35 persen setelah melakukan yoga dengan rutin selama 8 minggu. Selain fleksibilitas, yoga juga dapat membuat postur tubuh seseorang membaik.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Yoga telah lama dipercaya ampuh untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini baik untuk mereka yang memiliki penyakit jantung dan stoke. Tak hanya itu, yoga juga dapat meningkatkan imun dan menurunkan kolesterol.

Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin latihan yoga selama lima tahun, tekanan darah dan denyut nadinya lebih rendah ketimbang orang yang tidak melakukan yoga. Dalam studi yang sama juga menemukan bahwa gabungan antara yoga dan gaya hidup sehat amouh untuk menekan risiko terkena penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mental

Dikarenakan yoga berfokus pada meditasi, maka yoga ampuh meredakan stres, kecemasan dan meningkatkan relaksasi. Peneliti menemukan bahwa yoga dapat mengurangi hormon stres utama yakni kortisol.

Dalam penelitian lain menemukan bahwa yang merupakan anti-depresi yang baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa yoga mampu untuk menjaga mental untuk tetap sehat.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Sulit tidur atau kurang tidur memiliki banyak dampak yang mengerikan bagi tubuh mulai dari obesitas sampai penyakit jantung. Jika seseorang mengalami hal tersebut, maka yoga dapat menjadi solusi. Yoga dapat meningkatkan pelepasan hormon melatonin yang mengontrol siklus tidur. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

5. Melatih pernapasan

Banyak yang mungkin tidak terlalu memperhatikan bagaimana kita bernapas setiap harinya. Padahal kualitas pernapasan yang baik memiliki manfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan paru. Yoga dapat menjadi solusi untuk melatih fokus pada pengendalian napas.

Menurut penelitian, orang yang rutin berlatih yoga kapasitas vital paru-parunya jadi meningkat. Meningkatkan kualitas pernapasan dapat membangun daya tahan, mengoptimalkan kinerja, dan menjaga kesehatan paru-paru serta jantung.

Comments are closed.